Tidaklah tepat bila kita mengatakan bahwa Tuhan adalah Atma dan alam semesta ini sebagai tubuh atau badan dimana Beliau bekerja dan hidup. Demikian pula, ungkapan berikut ini masih belum cukup memuaskan, yaitu pernyataan bahwa Atma (Tuhan) bersifat abadi dan tidak mengalami perubahan, sedangkan kosmos (alam semesta) rentan berubah dan mengalami transformasi. Apa arti sebenarnya dari ungkapan, "Tuhan adalah Upadanakarana (yang berarti: Tuhan adalah penyebab (proximate cause) lahirnya alam semesta ini)?" Istilah 'proximate cause' diartikan sebagai sesuatu penyebab yang menghasilkan suatu dampak/efek/akibat. Sedangkan efek/akibat tersebut selanjutnya akan menjadi penyebab dalam bentuk lainnya. Jadi, semuanya saling berketerkaitan. Setiap efek/akibat yang kita lihat tak lain adalah penyebab yang telah dan akan mengambil bentuk/wujud yang baru. Alam semesta ini adalah efek/akibatnya, sedangkan Tuhan adalah sang penyebabnya - pernyataan ini dapat diartikan bahwa alam semesta ini tak lain adalah Tuhan dalam wujud-Nya yang lain.
- Sathya Sai Vahini.
No comments:
Post a Comment