Thursday, September 25, 2008

Sai Inspires 25th September 2008 ( What is one most important virtue that we must follow, that will help our Journey to God?)

Practice moderation in speech. That will help you in many ways. It will develop Prema (Love), for most misunderstandings and factions arise out of carelessly spoken words. When the foot slips, the wound can be healed. But when the tongue slips, the wound it causes in the heart of another will fester for life. The tongue is liable to four big errors - uttering falsehood, scandalising, finding fault with others, and excessive articulation. These have to be avoided if there has to be Shanthi (Peace) for the individual as well as for the society. The bond of brotherhood will be tightened if people speak less and speak sweet. You are all spiritual aspirants at various stages of the road and mounam (Silence) as a discipline will be valuable for you.

Cobalah untuk bersikap moderat dalam kaitannya dengan ucapan/tutur-katamu. Praktek seperti ini akan membantumu dalam banyak hal, yaitu antara lain ia akan mengembangkan Prema (cinta-kasih). Pada umumnya perselisihan paham maupun pertikaian diakibatkan oleh karena ucapan yang secara keliru diutarakan. Apabila kaki kita terpeleset, maka luka yang ditimbulkan masih bisa disembuhkan. Namun apabila ucapan yang meleset, maka luka yang diakibatkannya (dalam hati orang-lain) akan membekas untuk selamanya. Ketahuilah bahwa lidah kita sangat berpotensi untuk melakukan keempat jenis kesalahan, yakni: mengucapkan hal-hal yang tidak benar (falsehood), bergosipan/isu-isuan (scandalising), mencari-cari kesalahan orang lain serta terlalu banyak omong. Keempat hal ini haruslah dihindari apabila kita menginginkan adanya Shanthi (kedamaian) bagi diri kita sendiri maupun bagi masyarakat banyak. Ikatan persaudaraan akan semakin erat jikalau kita berbicara seminimal mungkin dan secara lemah-lembut. Engkau semuanya adalah aspiran spiritual dalam berbagai tahapan perjalanan dan ingatlah bahwa mounam (silence/hening/diam) adalah disiplin yang akan sangat berharga & bermanfaat bagimu.

-Sri Sathya Sai Speaks, Vol 1 Ch 10, July 22, 1958.

No comments: